19 Agu 2010

Buat Namamu Menjadi Ambigram

Mungkin ada yang belum tahu apa itu ambigram. Tapi sebelum membahasnya, pernahkah anda membaca novel ‘Angels and Demons’ karya Dan Brown atau paling tidak melihat filmnya. Disitu ditampilkan sebuah ambigram bertuliskan diantaranya ‘earth’, ‘air’, ‘water’, dan ‘fire’. Saya tidak akan bercerita panjang lebar mengenai novel dan film tersebut disini tetapi saya hanya memberikan salah satu contoh dimana anda bisa melihat bentuk ambigram tersebut. Berikut adalah contoh ambigram dari cover novel ‘Angels and Demonds’.
Ambigram01
Ambigram adalah sebuah kata yang didisain sedemikian rupa sehingga kata tersebut masih bisa dibaca dan berbentuk sama jika kata tersebut diputar. Contohnya seperti gambar di bawah ini :
Ambigram02
Keren bukan!!! Bentuk dan bacaannya masih tetap sama meskipun sudah diputar. Inilah yang disebut ambigram.
Ternyata semua kata bisa dibentuk menjadi sebuah ambigram bahkan nama andapun dapat dijadikan ambigram. Kabar baiknya adalah sekarang anda tidak perlu pusing-pusing lagi mendesain sebuah kata menjadi ambigram karena ada cara lain yang lebih mudah dan cepat membuat ambigram ini. Syarat yang dibutuhkan hanyalah computer anda terkoneksi dengan internet. Ingin mencobanya, ikutilah langkah berikut :
  • Klik ‘Create New Ambigram’ untuk memulai membuat ambigram.
Ambigram03
  • Ketiklah sebuah kata yang ingin anda buat sebagai ambigram. Sebagai contoh saya menggunakan nama ‘MARTHA’ untuk dijadikan ambigram. Ketiklah pada kotak yang pertama ‘first name (required)’. Anda juga bisa menambahkan kata lagi pada kotak yang kedua ‘second name (optional)’. Setelah selesai mengetikkan kata maka klik ‘create ambigram’ pada sebelah kanan kotak. Disini anda bisa memilih dua model ambigram yang akan dibuat yakni ‘Old English’ dan ‘script’. Klik tombol salah satunya. Jangan lupa untuk memberi centang pada pernyataan di bawah.
Ambigram04
Berikut adalah perbandingan hasil dari kedua model tersebut.
Ambigram05
Selamat mencoba… ^_^
sumber: http://www.sebaung.com/buat-namamu-menjadi-ambigram#more-42

0 komentar:

Posting Komentar