27 Sep 2010

Gosok Benjolan Bisa Hilangkan Rasa Sakit


Biasanya, Anda refleks akan menggosok benjolan saat terbentur suatu benda. Ternyata, menurut penelitian terbaru, tindakan tersebut bisa mengurangi rasa sakit. Kenapa?
Menurut ilmuwan, tindakan tersebut merupakan cara tubuh untuk merepresentasikan gambaran otak. Peneliti dari University College London menggunakan teknik thermal grill illusion (TGI) untuk mempelajari cara koresponden menyentuh dirinya sendiri saat merasa sakit.
Dalam penelitian tersebut, jari telunjuk dan jari manis koresponden ditaruh dalam air hangat sedangkan jari tengah diletakkan di air dingin. Hal ini menyebabkan ilusi sehingga jari tengah akan merasa panas yang sangat menyakitkan.
Pernyataan tersebut diungkapkan pemimpin studi Profesor Patrick Haggard. Partisipan telah diinduksi TGI di kedua tangan kemudian di minta menyentuh tiga jari tersebut dengan jari lainnya. Saat ini dilakukan, ternyata rasa sakit karena panas tadi menurun 64%.
Rasa sakit hanya muncul saat penginderaan temperatur dan informasi dari ketiga tangan ini benar-benar terintegrasi, ujar ilmuwan yang penelitiannya ini dipublikasikan pada jurnal Current Biology.
“Rasa sakit merupakan hal yang penting, tetapi juga rumit. Pengalaman tersebut dapat disebabkan dalam berbagai cara,” ujar Haggard.
"Kami melihat bahwa tingkat rasa sakit tidak hanya bergantung pada sinyal yang dikirim ke otak, tetapi juga pada bagaimana otak terintegrasi dengan sinyal-sinyal yang tampil secara akurat pada tubuh keseluruhan," katanya lagi.
Perasaan yang menyakitkan merupakan representasi tubuh atas pengalaman sakit. Misalnya, nyeri berlebihan saat amputasi merupakan bentuk penyesuaian otak atas bentuk tubuh yang baru.
“Penelitian ini menyorototi bahwa terapi yang ditujukan untuk memperkuat representasi multi indera di tubuh mungkin efektif untuk mengurangi rasa sakit,” ujar Haggard.

sumber: http://www.inilah.com

0 komentar:

Posting Komentar