20 Nov 2010

Benarkah Pria Lebih Sulit Minta Maaf?

Penelitian yang melibatkan 33 wanita dan 33 pria.

Kata paling sulit diungkapkan selain “terimakasih” adalah kata “maaf”. Ilmuwan Kanada bahkan melakukan studi untuk mengetahui perbedaan antara pria dan wanita saat mengakui kesalahan.

Dalam percobaan melibatkan 66 sukarelawan (33 wanita dan 33 pria) selama dua pekan, peneliti mencatat tingkat emosi para objek penelitian. Hasilnya, para ahli menemukan pria sangat kecil kemungkinannya meminta maaf, dan mengaku bersalah saat terlibat dalam konflik.

Sementara wanita meminta maaf sebesar 35% lebih sering daripada pria. Kaum hawa lebih rela meminta maaf untuk meredakan konflik. Tak hanya itu, penelitian ini juga mengungkap penghinaan kasar seringkali membuat wanita tak tahan, dan sakit hati sebesar 30% lebih daripada pria.

Para peneliti juga menemukan bahwa lelaki lebih kebal atas penghinaan daripada perempuan. Reaksi mereka atas serangan kejam lebih tenang daripada wanita.

Para ilmuwan itu menemukan wanita lebih takut menyakiti pasangannya. Mereka lebih emosional dalam meminta maaf, dibanding pria yang lebih cenderung rasional dan logis mengakui rasa bersalah.


0 komentar:

Posting Komentar