27 Jan 2011

Di Mana Tempat Terdingin di Semesta?


Jelas bukan pantai Kuta di Bali. Bahkan, Kutub Utara pun bukanlah tempat terdingin di semesta. Lalu di mana titik terdingin alam semesta?

Tempat Terdingin di semesta berada dalam Nebula Bumerang. Nebula Bumerang berada dalam konstelasi Centaurus, lima ribu tahun cahaya dari Bumi. Planet Nebula terbentuk di sekitar bintang pusat terang ketika ia mementalkan gas pada tahap akhir hidupnya.

Nebula Bumerang merupakan salah satu tempat khas di alam semesta. Pada 1995, menggunakan Submillimetre Telescope 15 meter ESO Swedia di Chile, astronom Sahai dan Nyman mengungkap Nebula Bumerang merupakan tempat terdingin yang ditemukan di alam semesta sejauh ini.

Nebula Bumerang bersuhu minus 272 derajat Celcius, satu derajat lebih hangat dari nol absolut atau batas terendah semua suhu. Bahkan minus 270 derajat C melatari cahaya Big Bang yang lebih hangat dari nebula ini.

Nebula merupakan obyek sejauh ini yang memiliki suhu lebih rendah dibanding radiasi latar belakang. Bentuk kupu-kupu Bumerang tampak menciptakan angin ganas dengan kecepatan 498.896 kilometer per jam.

Angin ini meniup gas super dingin dari pusat bintang sekarat. Menurut astronom, bintang itu kehilangan seperseribu massa material matahari per tahun selama 1.500 tahun.

Hal ini 10-100 kali lebih banyak dari obyek sejenis. Ekspansi cepat nebula ini membuatnya menjadi daerah yang dikenal sebagai daerah terdingin di alam semesta.

0 komentar:

Posting Komentar