16 Mar 2012

Mengapa Anak Harus Dibebaskan Berimajinasi?

Apakah Anda ingin anak Anda menjadi anak yang kreatif dan cerdas di masa depan? Jika ya, Anda hanya perlu membiarkan anak Anda bermain dengan imajinasinya.

Ketika anak Anda sedang berimajinasi dengan mainannya ataupun lingkungannya, jangan pernah membatasinya. Sebab saat itu anak Anda sedang dalam proses mencipta. Sebagai orang tua, peran yang harus Anda lakukan saat itu adalah mendampingi dan mengarahkannya agar imajinasinya berkembang menjadi positif dan kreatif.

Menurut psikolog anak, Astrid Wulansari Emeline, anak-anak belajar dari permainan. Imajinasinya saat bermain akan mengembangkan banyak ide, yang akan menjadi bekal bagi anak dalam berkreasi tanpa batas. Misalnya, jangan batasi atau larang saat anak Anda berimajinasi dengan bermain peran. Jika anak Anda membayangkan dirinya menjadi seorang pembantu rumah tangga ataupun tukang sampah, jangan lantas melarangnya karena menganggap bahwa hal tersebut tidak baik. Sebab, ketika dirinya berimajinasi seolah berperan sebagai orang lain, ia dapat belajar cara berkomunikasi dengan orang lain. Jangan juga Anda memutus imajinasinya ketika ia menjadikan mobil-mobilannya sebagai pesawat terbang, atau ketika ia berpura-pura menjadi seorang pahlawan pembela kebenaran. Menurut Astrid, perilaku anak yang seperti itu bukanlah sesuatu yang aneh sama sekali. Bahkan justru positif. Namun sayangnya, banyak orang tua yang tidak menyadari pentingnya apa yang sedang dilakukan oleh anaknya itu, yaitu mengembangkan imajinasi.

Artikel Terkait

Mengapa Anak Harus Dibebaskan Berimajinasi?

Raja Dongeng Kelas Dunia dari Jakarta

Buku Mizan Raih Non-Fiksi Terbaik IBF Award 2012

Oleh-oleh Hernowo dari Gontor; Proses Kreatif Menulis

4 Tahap Berpikir Secara Kreatif

Sebagai orang tua, Anda dapat turut ambil peran dalam imajinasi anak Anda. Alih-alih melarangnya berimajinasi atau menganggap aneh perilakunya ketika berimajinasi, Anda seharusnya masuk ke dalam dunia si kecil dan membantunya mengeksplorasi imajinasinya. Ketika itulah Anda bisa mengarahkan buah hati Anda agar dia tetap pada koridor yang tepat ketika berimajinasi.

Imajinasi yang kerap buah hati Anda lakukan di masa kecilnya akan menjadi modal baginya ketika dewasa nanti. Buah hati Anda akan berkembang menjadi anak yang cerdas, kreatif, dan penuh dengan ide-ide segar yang akan sangat berguna bagi masa depannya. Maka, bebaskan buah hati Anda berimajinasi sepuas dan seluasnya.


0 komentar:

Posting Komentar